Selasa, 06 Januari 2009

TENTANG SILSILAH PARTAMBUS HUTAJULU

Horas! Kalau kita pergi kekebun binatang di Jepang, disana ada kandang SINGA tetapi jangan heran kalau kita tidak dapat melihat SINGAnya, yang ada hanyalah gambarnya dan rekaman suaranya saja, dari sini kita menyadari betapa Langkanya Singa di dunia ini. Lebih langka lagi bila dunia tidak mengembangbiakkannya selama 10 tahun ke depan. Maka anak cucu kita akan bertanya “Benda apakah Singa itu ?”

Hal yang sama tentang kisah NENEK MOYANG KITA PARTAMBUS dan turunannya, mungkin akan menjadi hilang bila kita tidak mencatatnya dan mendokumentasikannya. Anak cucu kita akan bertanya” Kami ini Hutajulu dari mana? Turunan keberapakah saya ? mana saudara ku yang lainnya? Dimana kami bisa membaca dan mencarinya?

Seharusnya Kita bangga karena ada silsilah kita yang jelas ditengah penduduk dunia yang tidak jelas nenek kakeknya. Kita bisa tahu saudara kita yang tersebar diberbagai tempat.
Maksud Silsilah ini adalah sebagai AWAL untuk membuat SILSILAH PARTAMBUS yang selengkapnya. Mungkin 5-10 tahun lagi turunanya sudah menyebar keseluruh dunia, kita berharap mereka bisa berkomunikasi dengan sesama keturunan Partambus hanya dengan melihat WEBSITE nya di Internet. Dan ketika Silsilah menjadi langka mungkin hanya Cuma kita yang masih tersisa sebagai dokumentasi terlengkap sepanjang jaman.! Amin saudaraku ? ….Amin!

Cerita Tentang PARTAMBUS dan LEGENDA NAMBORUdi AEK SIMARE
Partambus Mempunyai Tiga anak dan dua Boru, yaitu: Pertama Putuan Madiri dan yang kedua Guru Mangatur yang pergi ke Samosir, ketiga Punjobi.
Borunya yang satu menikah ke marga Sinurat. Satu Boru lainnya yang menjadi legenda di Sungai Aek Simare yang kata orang setempat Namboru ini meninggal di Sungai tersebut. Bila ada kejadian-kejadian disekitar Sungai itu, sering dikaitkan dengan Namboru ini oleh karena kepercayaan penduduk setempat karena PENGARUH legenda tersebut.
Cerita tentang Guru Mangatur
Guru Mangatur pergi ke Samosir Penyebabnya ada banyak versi (Menghindar dari konflik warisan, dikejar Belanda karena membunuh orang, dll. )
Beliau berganti Marga SARUMPAET sebagai tanda turunan dari SIPAETUA
Guru Mangatur termasuk orang yang jenius dan sakti ! Sakti karena jaman dulu beliau naik daun Pisang menyebrang danau Toba dan Sakti karena buktinya sampai sekarang Kampungnya tak ada yang menyerang dari dulu kala.Jaman dulu kalau ada tamu baru maka orang setempat akan mencoba Ilmu dan bila kalah maka dia akan diusir dari daerah tersebut, tetapi bila ilmunya kuat maka dia tetap bertahan sebab tak ada yang bisa mengusirnya.
Jenius! karena bisa memdapatkan Tanah/Wilayah didaerah marga lain dengan cara mengadu domba dan mendukung salah satu marga-marga yang berperang dan mendapatkan tanah sebagai upah dukungannya.
Jaman dulu wilayah atas tanah sesuai dengan marganya ,misalnya : Golat Simbolon, Golat Malau , Golat Sitanggang , Golat Nadeak , Golat Naebaho saat itu pendatang baru tak punya hak tas tanah, bagaimana cara Guru Mangatur mendapatkan tanah? Guru Mangatur mengadu domba marga – marga setempat lalu salah satu pihaknya dibela dengan perjanjian “bila menang” maka Guru Mangatur diberi tanah yang sama haknya., dan hebatnya hampir semua yang dibelanya menang sehingga dia mendapat tanah dari berbagai marga setempat.
Tanah wilayah itu sekarang berada di Desa Parmonangan, Kecamatan :Pangururan, Kabupaten Samosir. Ada juga huta yang disebut LUMBAN BAGASAN sebagai tanda mengingat tanah aslinya di laguboti, selain tiga huta lainya yaitu : huta JANJI, huta SIARUNG ARUNG dan huta UPAH HODA.
Turunan nya ganti KTP sekitar tahun 1970-an dari marga Sarumpaet ke Hutajulu setelah dicari oleh saudaranya seketurunan Partambus dari laguboti salah satunya ialah Idris Hutajulu(Anak Guru Jege) dan saudaranya yang lain..

Masih ada kisah lain yang mungkin belum tercatat disini, karena itu makanya: buku ini hanyalah sebagai AWAL atau KONSEP PERMULAAN menuju kesempurnaan ditahun-tahun mendatang!. Tak ada gading yang tak retak, maaf bila ada yang kurang atau salah cetak . Ayo siapa lagi yang mau melengkapi kisah kita ini !Terimakasih kepada semua saudara-saudaraku yang mendukung pencatatan silsilah ini.

Jakarta, 11 Januari 2009

Ketua Punguan Hutajulu Partambus se JABODETABEK-JABAR







St. Victor A. Hutajulu S,Si. /br. Tampubolon

1 komentar:

  1. UNDANGAN BONA TAON PARTAMBUS HUTAJULU MINGGU 11 JAN 09 JAM 11.00 WIB DI RUMAH RAJA HUTAJULU JL.BANGKA NO 21 BOGOR BELAKANG TERMINAL BARANANG SIANG

    BalasHapus